Home » , , , , » Cara Mudah Agar Komputer Aman dan Bebas Dari Serangan Virus

Cara Mudah Agar Komputer Aman dan Bebas Dari Serangan Virus

Ditulis oleh Admin Pada 16 April 2013 | 6:57 PM

Cara Mudah Agar Komputer Aman dan Bebas Dari Serangan Virus

Sebagian dari kita pastinya menginginkan agar komputer kita aman dan bebas dari serangan virus yang menjengkelkan. Berbagai upaya telah kita lakukan tetapi tetap saja terkadang tidak luput dari serangan virus-virus komputer ini.


Kira-kira bagaimana cara mendeteksi komputer yang terserang virus? Apakah kalian pernah menemukan pesan aneh di layar komputer kalian yang sebelumnya tidak muncul? Apakah kalian merasa komputer kalian semakin lama semakin lambat?

Hal di atas adalah masalah umum yang ditemukan oleh pemilik komputer di seluruh dunia. Terdapat berbagai virus dan worm di luar sana yang dapat menginfeksi komputer kita.

Beberapa efek yang ditimbulkan virus sangat beragam. Ada pada kategori level biasa saja, artinya hanya memperngaruhi kinerja sistem pada komputer kita saja. Namun, pada level yang lebih tinggi ternyata virus juga dapat menghapus data-data penting dalam komputer kita. Sangat fatal sekali, bahkan virus juga dapat merusak sistem komputer kita. Mengerikan!

Khusus untuk komputer yang terhubung jaringan, bisa jadi serangan virus dapat mengubah komputer kalian menjadi komputer zombie (komputer yang dikuasai oleh orang lain).

Bagaimana gan? Mengerikan bukan efek dari serangan virus pada komputer kita? KASKUS Regional Lampung akan mencoba memberikan tip-tip di bawah ini yang bisa kalian coba untuk menanggulangi atau paling tidak mencegah serangan virus dari luar.

Tip Ke-1 :
E-mail adalah satu cara penyebaran virus yang paling mudah dan paling berbahaya. Pastikan kalian membuka e-mail dari sumber yang kalian bisa pastikan kebenaranya. Jika e-mail yang kalian dapatkan berasal dari sumber yang tidak kalian ketahui atau tidak berasal dari daftar kontak yang kalian miliki, segera hapus e-mail tersebut. Pastikan daftar SPAM yang masuk segera dikosongkan. Jangan sekali-kali untuk membukanya.

Tip Ke-2 :
USB Flash disk adalah metode penyebaran virus paling banyak kedua setelah e-mail. Jadi, pastikan anti virus kalian terus terupdate dengan baik sebelum USB Flash Disk masuk dan terhubung di komputer kalian. Scan terlebih dahulu sebelum dibuka. Cara membukanya juga jangan di double klik, tapi dengan klik kanan kemudian pilih Open. Cara ini lebih aman untuk menghindari virus yang masuk melalui autoruns yang disertakan dalam USB Flash Disk.

Tip Ke-3 :
Hati-hati menggunakan program e-mail client misalnya Microsoft Outlook. Pastikan program tersebut terupdate dengan baik. Jika sistem operasi yang kalian gunakan adalah bajakan, saya menyarankan supaya kalian menggunakan e-mail client yang sifatnya free dan dapat update secara otomatis, misalnya Mozilla Thunderbird atau Pegasus.

Tip Ke-4 :
Semua orang pasti mengetahui internet adalah sumber penyebaran virus terbesar di dunia. Hampir 80% virus disebarkan melalui jalur itu. Tip aman saat kalian melakukan selancar di ranah dunia internet adalah jangan pernah melakukan klik pada jendela pop-up yang ditampilkan. Misalnya pemberitahuan bahwa anda adalah pemenang sebuah undian atau klik hingga beberapa kali maka kalian akan menang sebuah undian. Sebenarnya itu adalah program jahat yang otomatis akan mengirim trojan atau spyware ke komputer kalian. Kalian dapat menggunakan fitur atau program atomatis blok pada pop-up yang akan ditampilkan. Fitur ini biasanya sudah disertakan dalam web browser yang kalian gunakan.

Tip Ke-5 :
Mesin pencari (searh engine), misalnya Google terkadang tidak dapat menyaring situs-situs yang dianggap berbahaya. Untuk itu kalian dapat menginstal sebuah program yang dapat mendeteksi otomatis situs-situs mana saja yang tidak layak dikunjungi atau berbahaya. Program gratis yang dapat kalian gunakan adalah AVG Link Scanner. Program gratis buatan AVG ini mampu mendeteksi situs-situs hasil pencarian Google. Jika situs tersebut mengandung virus berbahaya, maka akan ditampilkan sebuah peringatan atau situs tersebut akan otomatis diblok dan tidak dapat dibuka.

Tip Ke-6 :
Install anti virus yang dapat kalian percaya. Tidak harus anti virus berbayar, untuk pengguna rumahan/pribadi kalian dapat menggunakan anti virus free yang tidak kalah populer dengan anti virus berbayar, misalnya Microsoft Security Essentials (Recommended Antivirus), Avira, AVG, Clamav, dan lain-lain. Pastikan kalian melakukan update secara rutin untuk menjamin anti virus yang kalian install tadi mampu menahan virus yang semakin lama semakin berkembang kemampuanya.

Tip Ke-7 :
Install juga anti Spyware untuk mencegah masuknya malware dan spyware. Kedua program jahat tersebut selain dapat membuat komputer berjalan semakin lambat, juga dapat mengahantarkan komputer kalian sebagai komputer zombie yang dapat dikendalikan orang-orang tak bertanggung jawab dari luar sana. Beberapa program anti spyware gratis yang cukup terkenal adalah Spyware Doctor, Spyware Terminator, dll.

Tip Ke-8 :
Jangan pernah membuka lampiran yang disertakan dalam e-mail dari sumber yang tidak diketahui dengan baik. Meskipun lampiran file yang disertakan adalah format file yang jarang membawa virus seperti .txt, .jpeg, .gif, .bmp, .tif, .mp3, .htm, .html, and .avi, namun pastikan anda melakukan scan terlebih dahulu.

Tip Ke-9 :
Gunakan disk (CD/DVD) untuk mengimpan/membackup data-data penting agar tidak mudah terinfeksi virus. CD/DVD sifatnya hanya read only (hanya dapat dibaca), namun pastikan sebelum dipindahkan kedalam disk, data telah terbebas dari virus. Karena jika datanya bervirus, maka percuma saja disimpan di dalam disk.

Tip Ke-10 :
Atur sistem operasi yang kalian gunakan agar selalu melakukan update secara rutin. Ini dapat mengurangi resiko serangan virus dari luar karena celah masuknya virus telah ditutup oleh update yang kalian lakukan. Namun, update hanya dapat berhasil jika sistem operasi yang kalian gunakan adalah asli. Jika tidak saya sarankan gunakan sistem operasi yang gratis misalnya linux.

Tip Ke-11 :
Ketika kalian mendownload program-program dari situs warez, pastikan anti virus kalian terpasang dan terupdate dengan baik. File yang berasal dari situs-situs tersebut kadang sengaja disusupi oleh virus yang berbahaya.

Tip Ke-12 :
Terakhir yang dapat saya sarankan adalah jangan pernah mengunjungi situs-situs berbahaya yang mengandung virus dan program-program jahat yang dapat membahayakan komputer kalian sendiri, misalnya situs warez, krack, serial, porno, dan lain-lain.

Demikian tadi cara mudah agar komputer aman dan bebas dari serangan virus yang dapat agan/aganwati lakukan untuk mengamankan komputer kalian dari serangan virus. Satu hal yang perlu kalian pahami bahwa, “menjaga/merawat lebih baik dibanding menyembuhkan”. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dan semoga bermanfaat untuk teman-teman sekalian.

Jika kalian ingin menambahkan beberapa tips dan cara-cara lainnya kalian bisa menuliskannya pada kolom komentar ^^,

0 Komentar Blog
Kicau Kita
Komentar FB